Jumat, 01 Februari 2008

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamB. Kelas / Semester : XII / IC. Tahun Ajaran : 2007-2008D. Alokasi Waktu : 2 jamE. Materi Pokok : Q.S. Al Kafirun, Q.S. Yunus :40-41 dan Q.S. Al Kahfi:29
F. Indikator :- Mampu membaca Q.S. Al Kafirun, Q.S. Yunus : 40-41 dan Q.S. Al Kahfi : 29 - Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Kafirun, Q.S. Yunus:40-41 dan Q.S. Al Kahfi: 29
G. Strategi Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan - Appersepsi dan motivasi - Guru menyampaikan tujuan pembelajaran - Siswa membentuk kelompok belajar
2. Kegiatan Inti - Siswa membaca Q.S. Al Kafirun, Q.S. Yunus : 40-41 dan Al Kahfi : 29 secara bersama-sama kemudian satu persatu - Siswa berdiskusi mengidentifikasi tajwid yang terdapat dalam Q.S. Al Kafirun, Q.S. Yunus :40-41 dan Q.S. Al Kahfi : 29 - Siswa membacakan hasil diskusi kelompok - Siswa lain dan guru menanggapi
3.Kegiatan Penutup - Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi pembelajaran - Evaluasi
H. Sumber Belajar : Al Quran dan Terjemahnya Buku PAI Kelas XII SMA, Yudistira Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Erlangga Buku Ilmu Tajwid
I. Penilaian : Tugas Individu ( lembar pengamatan ) Ulangan Harian ( Uraian tertutup )

Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
Drs. Sutopo, M.Pd. Akhmad Asikin, S.Ag. NIP. 131694578 NIP. 150329956



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamB. Kelas / Semester : XII / IC. Tahun Ajaran : 2007-2008D. Alokasi Waktu : 2 jamE. Materi Pokok : Q.S. Al Kafirun, Q.S. Yunus :40-41 dan Q.S. Al Kahfi:29
F. Indikator :- Mampu mengartikan setiap kata dalam Q.S. Al Kafirun, Q.S. Yunus : 40-41 dan Q.S. Al Kahfi : 29 - Mampu meherjemahkan Q.S. Al Kafirun, Q.S. Yunus : 40-41 dan Q.S. Al Kahfi : 29
G. Strategi Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan - Tadarus Q.S. Al Kafirun, Q.S. Yunus;40-41 dan Al Kahfi:29 - Pre tes - Guru menyampaikan indikator yang akan dicapai - Siswa membentuk kelompok diskusi
2. Kegiatan Inti - Siswa berdiskusi mengidentifikasi arti setiap kata dalam Q.s. Al Kafirun, Q.S. Yu- nus:40-41 dan Q.S. Al Kahfi:29 - Siswa mendiskusikan terjemah dari Q.S. Al Kafirun, Q.S. Yunus:40-41 dan Q.S. Al Kahfi:29 - Siswa menyampaikan hasil diskusi - Siswa lain dan guru menanggapi
3. Kegiatan Penutup - Siswa dibimbing guru menyimpulkan hasil diskusi - Post tes
H. Sumber Belajar : AlQuran dan Terjemahnya Buku PAI Kelas XII SMA, Yudistira Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Erlangga Kamus Bahasa Arab – Indonesia
I. Penilaian : Tugas Kelompok Ulangan ( Tertulis, Uraian singkat )

Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
Drs. Sutopo, M.Pd. Akhmad Asikin, S.Ag. NIP. 131694578 NIP. 150329956
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamB. Kelas / Semester : XII / IC. Tahun Ajaran : 2007-2008D. Alokasi Waktu : 2 jamE. Materi Pokok : Q.S. Al Kafirun, Q.S. Yunus :40-41 dan Q.S. Al Kahfi:29
F. Indikator :- Mampu mengidentifikasi perilaku bertoleransi sesuai Q.S. Al Kafirun, Q.S. Yunus:40-41 dan Q.S. Al Kahfi:29 - Mampu mempraktikkan perilaku bertoleransi seperti da- lam Q.S. Al Kafirun, Q.S. Yunus:40-41 dan Q.S.Al Kah- fi: 29
G. Strategi Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan - Tadarus Q.S. Al Kafirun, Q.S. Yunus:40-41 dan Q.S. Al Kahfi:29 - Pre tes - Guru menyampaikan indikator yang akan dicapai - Siswa membentuk kelompok belajar
2. Kegiatan Inti - Siswa berdiskusi mengidentifikasi perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam Q.S. Al Kafirun, Q.S. Yunus:40-41 dan Q.S. Al Kahfi:29 - Siswa mempresentasikan hasil diskusi dan bersimulasi mempraktikkan perilaku bertoleransi sesuai Q.S. Al Kafirun, Q.S. Yunus:40-41 dan Q.S. Al Kahfi:29 - Siswa lain memberi tanggapan
3. Kegiatan Penutup - Siswa dan guru menyimpulkan materi pembelajaran - Post tes
H. Sumber Belajar : Al Quran dan Terjemahnya, Depag Buku PAI Kelas XII SMA,Yudistira Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Erlangga Buku Tafsir Al Quran
I. Penilaian : Tugas individu ( lembar pengamatan ) Ulangan ( uraian bebas )

Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
Drs. Sutopo, M.Pd. Akhmad Asikin, S.Ag. NIP. 131694578 NIP. 150329956



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamB. Kelas / Semester : XII / IC. Tahun Ajaran : 2007-2008D. Alokasi Waktu : 2 jamE. Materi Pokok : Q.S. Al Mujadalah : 11 dan Q.S. Al Jumuah : 9-10
F. Indikator : - Mampu membaca Q.S. Al Mujadalah : 11 dan Q.S. Al- Jumuah : 9-10 - Mampu mengidentifikasi tajwid dalam Q.S. Al Mujada- lah : 11 dan Q.S. Al Jumuah : 9-10
G. Strategi Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan - Appersepsi dan motivasi - Guru menyampaikan tujuan pembelajaran - Siswa membentuk kelompok belajar
2. Kegiatan Inti - Siswa membaca Q.S. Al Mujadalah : 11 dan Al Jumuah : 9-10 secara bersama-sa- ma kemudian satu persatu - Siswa berdiskusi mengidentifikasi tajwid dalam Q.S. Al Mujadalah : 11 dan Q.S. Al Jumuah : 9-10 - Siswa membacakan hasil identifikasi tajwid Q,S, Al Mujadalah : 11 dan Q.S Al- Jumuah : 9-10 - Siswa lain dan guru menanggapi
3. Kegiatan Penutup - Siswa dan guru menyimpulkan materi pembelajaran - Evaluasi
H. Sumber Belajar : Al Quran Buku PAI Kelas XII SMA, Yudistira Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Erlangga Buku Ilmu Tajwid
F. Penilaian Tugas individu Ulangan ( Uraian tertutup )

Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
Drs. Sutopo, M.Pd. Akhmad Asikin, S.Ag. NIP. 131694578 NIP. 150329956



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamB. Kelas / Semester : XII / IC. Tahun Ajaran : 2007-2008D. Alokasi Waktu : 2 jamE. Materi Pokok : Q.S. Al Mujadalah : 11 dan Q.S. Al Jumuah : 9-10
F. Indikator : - Mampu mengartikan setiap kata dalam Q.S. Al Mujada- lah : 11 dan Q.S. Al Jumuah : 9-10 - Mampu menterjemahkan Q.S. Al Mujadalah : 11 dan Q.S. Al Jumuah : 9-10
G. Strategi Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan - Tadarus Q.S. Al Mujadalah : 11 dan Q.S. Al Jumuah : 9-10 - Pre tes - Guru menyampaikan indikator yang akan dicapai - Siswa membentuk kelompok diskusi
2. Kegiatan Inti - Siswa berdiskusi mengidentifikasi arti setiap kata dalam Q.S. Al Mujadalah :11 dan Q.S. Al Jumuah : 9-10 - Siswa berdiskusi menerjemahkan Q.S. Al Mujadalah : 11 dan Q.S. Al Jumuah : 9-10 - Siswa menampilkan hasil diskusi setiap kelompok - Siswa lain menanggapi
3. Kegiatan Penutup - Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi pembelajaran - Evaluasi
H. Sumber Belajar : Al Quran dan Terjemahnya Buku PAI Kelas XII SMA, Yudistira Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Erlangga Kamus Bahasa Arab- Indonesia
I. Penilaian Tugas kelompok Ulangan ( Uraian singkat )

Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
Drs. Sutopo, M.Pd. Akhmad Asikin, S.Ag. NIP. 131694578 NIP. 150329956



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamB. Kelas / Semester : XII / IC. Tahun Ajaran : 2007-2008D. Alokasi Waktu : 2 jamE. Materi Pokok : Q.S. Al Mujadalah : 11 dan Q.S. Al Jumuah : 9-10
F. Indikator : - Mampu mengidentifikasi perilaku etos kerja sesuai Q.S. Al Mujadalah : 11 dan Q.S. Al Jumuah : 9-10 - Mampu mempraktikkan perilaku etos kerja seperti da- Lam Q.S. Al Mujadalah : 11 dan Q.S. Al Jumuah : 9-10
G. Strategi Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan - Tadarus Q.S. Al Mujadalah : 11 dan Q.S. Al Jumuah : 9-10 - Pre tes - Guru menyampaikan indikator yang harus dicapai - Siswa membuat forum diskusi
2. Kegiatan Inti - Siswa berdiskusi mengidentifikasi perilaku etos kerja sesuai Q.S. Al Mujadalah:11 dan Q.S. Al Jumuah : 9-10 - Siswa mempresentasikan hasil diskusi dengan bersimulasi mempraktikkan perila- ku etos kerja seperti dalam Q.S. Al Mujadalah : 11 dan Q.S. Al Jumuah : 9-10 - Siswa lain dan guru memberi tanggapan
3. Kegiatan Penutup - Siswa dan guru menyimpulkan materi pembelajaran - Post tes
H. Sumber Belajar : Al Quran dan Terjemahnya Buku PAI Kelas XII SMA, Yudistira Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Erlangga Buku Ilmu Tafsir Al Quran
I. Penilaian : Tugas individu Ulangan ( Uraian bebas )


Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
Drs. Sutopo, M.Pd. Akhmad Asikin, S.Ag. NIP. 131694578 NIP. 150329956



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamB. Kelas / Semester : XII / IC. Tahun Ajaran : 2007-2008D. Alokasi Waktu : 2 jamE. Materi Pokok : Iman Kepada Hari Akhir
F. Indikator : - Mampu menjelaskan perilaku beriman terhadap hari akhir - Mampu menampilkan perilaku beriman terhadap hari Akhir
G. Strategi Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan - Tadarus Al Quran - Appersepsi dan motivasi - Guru menyampaikan tujuan pembelajaran - Siswa membentuk formasi diskusi
2. Kegiatan Inti - Siswa berdiskusi mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan keimanan terha- dap hari akhir - Siswa menunjukkan contoh-contoh perilaku yang mencerminkan beriman terha- dap hari akhir - Siswa mengemukakan hasil diskusi - Siswa lain memberi tanggapan
3. Kegiatan Penutup - Siswa menyimpulkan materi pembelajaran - Guru memberi tugas pada siswa untuk menerapkan perilaku beriman terhadap hari Akhir - Evaluasi
H. Sumber Belajar : Al Quran Buku PAI Kelas XII SMA, Yudistira Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Erlangga
I. Penilaian Tugas individu ( lembar pengamatan ) Ulangan ( Uraian singkat )

Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
Drs. Sutopo, M.Pd. Akhmad Asikin, S.Ag. NIP. 131694578 NIP. 150329956


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamB. Kelas / Semester : XII / IC. Tahun Ajaran : 2007-2008D. Alokasi Waktu : 2 jamE. Materi Pokok : Iman Kepada Hari Akhir
F. Indikator : - Mampu menjelaskan hikmah beriman kepada hari akhir - Mampu mendeskripsikan hikmah beriman kepada hari akhir
G. Strategi Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan - Tadarus Al Quran - Pre tes - Siswa membentuk kelompok diskusi
2. Kegiatan Inti - Siswa berdiskusi mengidentifikasi hikmah yang terkandung dalam beriman kepa- da hari akhir - Siswa mendiskusikan hikmah beriman kepada hari akhir - Siswa mempresentasikan hasil diskusi tentang hikmah beriman kepada hari akhir - Siswa lain dan guru memberi tanggapan
3. Kegiatan Penutup - Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi pembelajaran - Post tes
H. Sumber Belajar : Al Quran Buku PAI Kelas XII SMA, Yudistira Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Erlangga
I. Penilaian Tugas Kelompok Ulangan Harian ( Uraian bebas )

Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
Drs. Sutopo, M.Pd. Akhmad Asikin, S.Ag. NIP. 131694578 NIP. 150329956





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamB. Kelas / Semester : XII / IC. Tahun Ajaran : 2007-2008D. Alokasi Waktu : 2 jamE. Materi Pokok : Adil, Ridha dan Amal Saleh
F. Indikator : - Mampu menjelaskan pengertian adil - Mampu menjelaskan pengertian ridha - Mampu menjelaskan pengertian amal saleh
G. Strategi Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan - Tadarus Al Quran - Appersepsi dan motivasi - Guru menyampaikan indikator yang harus dicapai - Siswa membentuk kelompok diskusi
2. Kegiatan Inti - Siswa mendiskusikan pengertian adil, ridha dan amal saleh - Siswa menyampaikan hasil diskusi tentang pengertian adil, ridha dan amal saleh - Siswa lain dan guru memberi tanggapan
3. Kegiatan Penutup - Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi pembelajaran - Evaluasi
H. Sumber Belajar : Al Quran Buku PAI Kelas XII SMA, Yudistira Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Erlangga
I. Penilaian Tugas Kelompok Ulangan Harian ( uraian tertutup )

Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
Drs. Sutopo, M.Pd. Akhmad Asikin, S.Ag. NIP. 131694578 NIP. 150329956





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamB. Kelas / Semester : XII / IC. Tahun Ajaran : 2007-2008D. Alokasi Waktu : 2 jamE. Materi Pokok : Adil, Ridha dan Amal Saleh
F. Indikator : - Mampu menampilkan contoh perilaku adil - Mampu menampilkan contoh perilaku ridha - Mampu menampilkan contoh perilaku amal saleh
G. Strategi Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan - Tadarus Al Quran - Pre tes - Guru membacakan indicator yang harus dicapai - Siswa membentuk kelompok belajar - Guru menyampaikan tugas kepada siswa
2. Kegiatan Inti - Siswa bersimulasi memaunkan drama menampilkan contoh perilaku adil, ridha dan amal saleh - Siswa lain dan guru mengulas isi makna dari penampilan drama tentang contoh- contoh perilaku adil, ridha dan amal saleh
3. Kegiatan Penutup - Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi pembelajaran - Post tes
H. Sumber Belajar : Al Quran Buku PAI Kelas XII SMA, Yudirtira Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Erlangga Naskah Drama Islami CD Drama Islami
I. Penilaian Tugas kelompok Ulangan ( Uraian bebas )

Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
Drs. Sutopo, M.Pd. Akhmad Asikin, S.Ag. NIP. 131694578 NIP. 150329956



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamB. Kelas / Semester : XII / IC. Tahun Ajaran : 2007-2008D. Alokasi Waktu : 2 jamE. Materi Pokok : Ketentuan Hukum Pernikahan dalam Islam
F. Indikator : - Mampu menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang nikah - Mampu menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang talak - Mampu menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang ruju’
G. Strategi Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan - Tadarus Al Quran - Appersepsi dan motivasi - Guru menyampaikan indikator yang harus dicapai - Siswa membentuk forum diskusi
2. Kegiatan Inti - Siswa mendiskusikan ketentuan hukum Islam tentang nikah, talak dan ruju’ - Siswa mempresentasikan hasil diskusi mengenai ketentuan hukum Islam tentang nikah, talak dan ruju’ - Siswa lain dan guru memberi tanggapan
3. Kegiatan Penutup - Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi pembelajaran - Evaluasi
H. Sumber Belajar : Al Quran Buku PAI Kelas XII SMA, Yudistira Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Erlangga Fiqh Islam, Sulaiman Rasyid Buku UU No.1 / 1974
I. Penilaian Tugas Kelompok Ulangan Harian ( Uraian singkat )

Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
Drs. Sutopo, M.Pd. Akhmad Asikin, S.Ag. NIP. 131694578 NIP. 150329956


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamB. Kelas / Semester : XII / IC. Tahun Ajaran : 2007-2008D. Alokasi Waktu : 2 jamE. Materi Pokok : Hikmah Perkawinan
F. Indikator : -Mampu menjelaskan hikmah nikah -Mampu menjelaskan hikmah talak -Mampu menjelaskan hikmah ruju’
G. Strategi Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan - Tadarus Al Quran - Pre tes - Guru menyampaikan tujuan pembelajaran - Siswa membentuk kelompok diskusi
2. Kegiatan Inti - Siswa mendiskusikan hikmah pernikahan dalam Islam , hikmah talak dan hikmah ruju’ - Siswa mempresentasikan hasil diskusi tentang hikmah pernikahan dalam Islam, hikmah talak dan hikmah ruju’ - Siswa lain dan guru memberi tanggapan 3. Kegiatan Penutup - Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi pembelajaran - Post tes
H. Sumber Belajar : Al Quran Buku PAI Kelas XII SMA, Yudistira Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Erlangga Fiqh Islam, Sulaiman Rasyid Buku UU No.1 / 1974
I. Penilaian Tugas Kelompok Ulangan Harian ( Uraian singkat )

Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
Drs. Sutopo, M.Pd. Akhmad Asikin, S.Ag. NIP. 131694578 NIP. 150329956


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamB. Kelas / Semester : XII / IC. Tahun Ajaran : 2007-2008D. Alokasi Waktu : 2 jamE. Materi Pokok : Ketentuan Perkawinan menurut Perundang-undangan di Indonesia
F. Indikator : - Mampu menjelaskan ketentuan perkawinan menurut UU Perkawinan di Indonesia - Mampu menguraikan kompilasi hukum tentang perka- winan di Indonesia
G. Strategi Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan - Tadarus Al Quran - Pre tes - Siswa belajar di Perpustakaan - Siswa membentuk kelompok belajar
2. Kegiatan Inti - Siswa mencari literatur tentang perundang-undangan perkawinan di Indonesia - Siswa berdiskusi mengenai ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia - Siswa menyampaikan hasil diskusi mengenai ketentuan perkawinan menurut per- Undang-undangan di Indonesia - Siswa lain dan guru memberi tanggapan
3. Kegiatan Penutup - Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi pembelajaran - Post tes
H. Sumber Belajar : Al Quran Buku PAI Kelas XII SMA, Yudistira Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Erlangga Fiqh Islam, Sulaiman Rasyid Buku UU No.1 / 1974 Kompilasi Hukum Islam
I. Penilaian Tugas Kelompok Ulangan Harian ( Uraian singkat )

Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
Drs. Sutopo, M.Pd. Akhmad Asikin, S.Ag. NIP. 131694578 NIP. 150329956

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamB. Kelas / Semester : XII / IC. Tahun Ajaran : 2007-2008D. Alokasi Waktu : 2 jamE. Materi Pokok : Perkembangan Islam di Indonesia
F. Indikator : - Mampu menjelaskan masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia - Mampu menguraikan manfaat yang dapat diambil dari Sejarah perkembangan Islam di Indonesia
G. Strategi Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan - Tadarus Al Quran - Appersepsi dan motivasi - Guru menyampaikan tujuan pembelajaran - Siswa menuju perpustakaan membentuk kelompok belajar
2. Kegiatan Inti - Siswa mencari literatur tentang perkembangan Islam di Indonesia - Siswa mendiskusikan tentang perkembangan Islam di Indonesia dan manfaat dari Sejarah perkembangan Islam di Indonesia - Siswa menyampaikan hasil diskusi tentang perkembangan Islam di Indonesia dan manfaat yang dapat diambil - Siswa lain dan guru menanggapi
3. Kegiatan Penutup - Siswa menyimpulkan materi pembelajaran dibimbing oleh guru - Evaluasi
H. Sumber Belajar : Al Quran Buku PAI Kelas XII SMA, Yudistira Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Erlangga Buku Tarikh Islam, Depag
I. Penilaian Tugas Kelompok Ulangan Harian ( uraian bebas )

Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
Drs. Sutopo, M.Pd. Akhmad Asikin, S.Ag. NIP. 131694578 NIP. 150329956



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamB. Kelas / Semester : XII / IC. Tahun Ajaran : 2007-2008D. Alokasi Waktu : 2 jamE. Materi Pokok : Contoh Perkembangan Islam di Indonesia
F. Indikator : - Mampu menentukan cirri-ciri perkembangan Islam di Indonesia - Mampu menyebutkan contoh-contoh perkembangan Islam di Indonesia
G. Strategi Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan - Tadarus Al Quran - Pre tes - Siswa membentuk kelompok belajar
2. Kegiatan Inti - Siswa berdiskusi mengidentifikasi cirri-ciri perkembangan Islam di Indonesia dan menunjukkan contoh-contohnya - Siswa menyampaikan hasil diskusi tentang cirri-ciri dan contoh-contoh perkem- bangan Islam di Indonesia - Siswa lain saling menanggapi
3. Kegiatan Penutup - Siswa menyimpulkan materi pembelajaran dibimbing oleh guru - Post tes
H. Sumber Belajar : Al Quran Buku PAI Kelas XII SMA, Yudistira Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Erlangga Buku Tarikh Islam, Depag
I. Penilaian Tugas Kelompok Ulangan Harian ( uraian bebas )

Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
Drs. Sutopo, M.Pd. Akhmad Asikin, S.Ag. NIP. 131694578 NIP. 150329956



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamB. Kelas / Semester : XII / IIC. Tahun Ajaran : 2007-2008D. Alokasi Waktu : 2 jamE. Materi Pokok : Q.S.Yunus : 101 Q.S. Al Baqarah : 164
F. Indikator : - Mampu membaca Q.S. Yunus : 101 dan Q.S. Al Baqa- rah : 164 - Mampu mengidentifikasi tajwid dalam Q.S. Yunus:101 dan Q.S. Al Baqarah : 164
G. Strategi Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan - Appersepsi dan motivasi - Guru menyampaikan indikator yang harus dicapai - Siswa membentuk kelompok belajar
2. Kegiatan Inti - Siswa membaca Q.S. Yunus : 101 dan Q.S. Al Baqarah : 164 secara bersama-sama kemudian satu persatu - Siswa berdiskusi mengidentifikasi tajwid yang terdapat dalam Q.S. Yunus : 101 dan Q.S. Al Baqarah : 164 - Siswa menyampaikan hasil identifikasi tajwid yang terdapat dalam Q.S.Yunus:101 dan Q.S. Al Baqarah : 164 - Siswa lain saling memberi tanggapan
3. Kegiatan Penutup - Guru memberi tugas pada siswa yang bacaan Al Qurannya kurang baik dan benar - Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi pembelajaran - Evaluasi
H. Sumber Belajar : Al Quran Buku PAI Kelas XII SMA, Yudistira Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Erlangga Buku Ilmu Tajwid
I. Penilaian Tugas individu ( Lembar Pengamatan ) Ulangan Harian ( Uraian Tertutup )

Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
Drs. Sutopo, M.Pd. Akhmad Asikin, S.Ag. NIP. 131694578 NIP. 150329956


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamB. Kelas / Semester : XII / IIC. Tahun Ajaran : 2007-2008D. Alokasi Waktu : 2 jamE. Materi Pokok : Q.S.Yunus : 101 Q.S. Al Baqarah : 164
F. Indikator : - Mampu mengartikan setiap kata dalam Q.S. Yunus :101 dan Q.S. Al Baqarah : 164 - Mampu menerjemahkan Q.S. Yunus : 101 dan Q.S. Al- Baqarah : 164
G. Strategi Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan - Tadarus Q.S. Yunus : 101 dan Q.S. Al Baqarah : 164 - Pre tes - Guru menyampaikan indikator yang akan dicapai - Siswa membentuk kelompok diskusi
2. Kegiatan Inti - Siswa berdiskusi mengidentifikasi arti setiap kata dalam Q.S. Yunus : 101 dan Q.S Al Baqarah : 164 - Siswa berdiskusi menerjemahkan ayat dari Q,S, Yunus : 101 dan Q.S. Al Baqarah: 164 - Siswa membacakan hasil diskusi tentang terjemahan ayat dari Q.S. Yunus:101 dan Q.S. Al Baqarah : 164 - Siswa lain dan guru memberi tanggapan
3. Kegiatan Penutup - Siswa menyimpulkan materi pembelajaran - Post tes
H. Sumber Belajar : Al Quran dan Terjemahnya Buku PAI Kelas XII SMA, Yudistira Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Erlangga Kamus Bahasa Arab- Indonesia
I. Penilaian Tugas Kelompok Ulangan Harian ( Uraian Tertutup )

Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
Drs. Sutopo, M.Pd. Akhmad Asikin, S.Ag. NIP. 131694578 NIP. 150329956

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamB. Kelas / Semester : XII / IIC. Tahun Ajaran : 2007-2008D. Alokasi Waktu : 2 jamE. Materi Pokok : Q.S.Yunus : 101 Q.S. Al Baqarah : 164
F. Indikator : - Mampu menjelaskan isi kandungan dari Q.S.Yunus:101 dan Q.S. Al Baqarah : 164 - Mampu menerapkan kandungan Q.S. Yunus : 101 dan Q.S. Al Baqarah : 164 tentang Pengembangan IPTEK
G. Strategi Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan - Tadarus Q.S. Yunus : 101 dan Q.S. Al Baqarah : 164 - Pre tes - Guru menyampaikan indikator yang harus dicapai - Siswa membentuk kelompok belajar
2. Kegiatan Inti - Siswa mendiskusikan isi kandungan dari Q.S. Yunus : 101 dan Q.S. Al Baqarah : 164 - Siswa menunjukkan contoh-contoh penerapan pengembangan IPTEK sesuai da- lam Q.S. Yunus : 101 dan Q.S. Al Baqarah : 164 - Siswa menyampaikan hasil diskusi pengembangan IPTEK dalam Al Quran - Siswa lain menanggapi
3. Kegiatan Penutup - Siswa menyimpulkan hasil diskusi - Guru mengadakan Post tes
H. Sumber Belajar : Al Quran dan Terjemahnya Buku PAI Kelas XII SMA, Yudistira Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Erlangga Buku Tafsir Al Quran
I. Penilaian Tugas Kelompok Ulangan Harian ( Uraian Bebas )

Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
Drs. Sutopo, M.Pd. Akhmad Asikin, S.Ag. NIP. 131694578 NIP. 150329956


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamB. Kelas / Semester : XII / IIC. Tahun Ajaran : 2007-2008D. Alokasi Waktu : 2 jamE. Materi Pokok : Iman Kepada Qadha dan Qadar
F. Indikator : - Mampu menjelaskan pengertian Qadha dan Qadar - Mampu menjelaskan pengertian iman kepada Qadha dan Qadar - Mampu menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada Qadha dan Qadar
G. Strategi Pembelajaran 1. Kegiatan Penfahuluan - Tadarus Al Quran - Appersepsi dan motivasi - Guru menyampaikan tujuan pembelajaran - Siswa membentuk forum diskusi
2. Kegiatan Inti - Siswa berdiskusi mengenai pengertian qadha dan qadar, pengertian iman kepada Qadha dan qadar dan tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar - Siswa mengemukakan hasil diskusi - Siswa lain dan guru menanggapi
3. Kegiatan Penutup - Siswa menyimpulkan materi pembelajaran dibimbing oleh guru - Evaluasi
H. Sumber Belajar : Al Quran dan Terjemahnya Buku PAI Kelas XII SMA, Yudistira Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Erlangga Buku PAI SMA untuk Kelas XII, Rakaditu
I. Penilaian Tugas Kelompok Ulangan Harian ( Uraian Tertutup )

Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
Drs. Sutopo, M.Pd. Akhmad Asikin, S.Ag. NIP. 131694578 NIP. 150329956



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamB. Kelas / Semester : XII / IIC. Tahun Ajaran : 2007-2008D. Alokasi Waktu : 2 jamE. Materi Pokok : Hikmah Beriman kepada Qadha dan Qadar
F. Indikator : - Mampu menjelaskan hikmah beriman kepada qadha dan qadar - Mampu menunjukkan perilaku ikhtiar dan tawakkal da- lam kehidupan sehari-hari
G. Strategi Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan - Tadarus Al Quran - Pre tes - Guru menyampaikan indikator yang harus dicapai - Siswa membentuk kelompok diskusi
2. Kegiatan Inti - Siswa mendiskusikan tentang hikmah beriman kepada qadha dan qadar - Siswa mengidentifikasi contoh perilaku ikhtiar dan tawakkal sesuai hikmah ber- iman kepada qadha dan qadar - Siswa mengemukakan hasil diskusi tentang hikmah beriman kepada qadha dan qa- dar - Siswa lain dan guru menanggapi
3. Kegiatan Penutup - Siswa menyimpulkan materi pembelajaran dibimbing oleh guru - Guru mengadakan post tes
H. Sumber Belajar : Al Quran dan Terjemahnya Buku PAI Kelas XII SMA, Yudistira Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Erlangga Buku PAI SMA untuk Kelas XII, Rakaditu
I. Penilaian Tugas Individu ( lembar pengamatan ) Ulangan Harian ( Uraian )

Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
Drs. Sutopo, M.Pd. Akhmad Asikin, S.Ag. NIP. 131694578 NIP. 150329956


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamB. Kelas / Semester : XII / IIC. Tahun Ajaran : 2007-2008D. Alokasi Waktu : 2 jamE. Materi Pokok : Persatuan dan Kerukunan
F. Indikator : - Mampu menjelaskan pengertian dan maksud persatuan - Mampu menjelaskan pengertian dan maksud kerukunan
G. Strategi Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan - Tadarus Al Quran - Appersepsi dan motivasi - Guru menyampaikan indikator yang harus dicapai - Siswa membentuk kelompok diskusi
2. Kegiatan Inti - Siswa mendiskusikan tentang pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan - Siswa mempresentasikan hasil diskusi tentang pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan - Siswa lain dan guru menanggapi
3. Kegiatan Penutup - Siswa menyimpulkan materi pembelajaran dibimbing oleh guru - Guru mengadakan evaluasi
H. Sumber Belajar : Al Quran dan Terjemahnya Buku PAI Kelas XII SMA, Yudistira Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Erlangga Buku PAI SMA untuk Kelas XII, Rakaditu
I. Penilaian Tugas Kelompok Ulangan Harian ( Uraian Tertutup )

Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
Drs. Sutopo, M.Pd. Akhmad Asikin, S.Ag. NIP. 131694578 NIP. 150329956





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamB. Kelas / Semester : XII / IIC. Tahun Ajaran : 2007-2008D. Alokasi Waktu : 2 jamE. Materi Pokok : Contoh Perilaku Persatuan dan Kerukunan
F. Indikator : - Mampu menunjukkan contoh perilaku yang bermuatan Persatuan - Mampu mengidentifikasi contoh perilaku yang bermu- atan kerukunan
G. Strategi Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan - Tadarus Al Quran - Pre tes - Guru menyampaikan indikator yang harus dicapai - Siswa membentuk kelompok belajar
2. Kegiatan Inti - Siswa berdiskusi mengidentifikasi contoh-contoh perilaku yang bermuatan persa- tuan dan kerukunan - Siswa bersimulasi menampilkan contoh-contoh perilaku yang bermuatan persatu- an dan kerukunan - Siswa lain dan guru memberi tanggapan
3. Kegiatan Penutup - Siswa menyimpulkan materi pembelajaran dibimbing oleh guru - Guru mengadakan post tes
H. Sumber Belajar : Al Quran dan Terjemahnya Buku PAI Kelas XII SMA, Yudistira Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Erlangga Buku PAI SMA untuk Kelas XII, Rakaditu
I. Penilaian Tugas Individu ( lembar pengamatan ) Ulangan Harian ( Uraian Bebas )

Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
Drs. Sutopo, M.Pd. Akhmad Asikin, S.Ag. NIP. 131694578 NIP. 150329956



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamB. Kelas / Semester : XII / IIC. Tahun Ajaran : 2007-2008D. Alokasi Waktu : 2 jamE. Materi Pokok : Perilaku Tercela : Isyraf, Tabzir, Ghibah dan Fitnah
F. Indikator : - Mampu menjelaskan pengertian isyraf - Mampu menjelaskan pengertian tabzir - Mampu menjelaskan pengertian ghibah - Mampu menjelaskan pengertian fitnah
G. Strategi Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan - Tadarus Al Quran - Appersepsi dan motivasi - Guru menyampaikan indikator yang harus dicapai - Siswa membentuk kelompok belajar
2. Kegiatan Inti - Siswa berdiskusi mengidentifikasi pengertian isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah se- cara bahasa - Siswa berdiskusi merumuskan pengertian isyraf,tabzir, ghibah dan fitnah secara istilah - Siswa menyampaikan hasil diskusi tentang pengertian isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah - Siswa lain dan guru memberi tanggapan 3. Kegiatan Penutup - Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi pembelajaran - Guru mengevaluasi
H. Sumber Belajar : Al Quran dan Terjemahnya Buku PAI Kelas XII SMA, Yudistira Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Erlangga Buku PAI SMA untuk Kelas XII, Rakaditu
I. Penilaian Tugas Kelompok Ulangan Harian ( Uraian Tertutup )

Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
Drs. Sutopo, M.Pd. Akhmad Asikin, S.Ag. NIP. 131694578 NIP. 150329956


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamB. Kelas / Semester : XII / IIC. Tahun Ajaran : 2007-2008D. Alokasi Waktu : 2 jamE. Materi Pokok : Contoh Perilaku Tercela : Isyraf, Tabzir, Ghibah dan FitnahF. Indikator : - Mampu menjelaskan contoh perilaku isyraf - Mampu menjelaskan contoh perilaku tabzir - Mampu menjelaskan contoh perilaku ghibah - Mampu menjelaskan contoh perilaku fitnah
G. Strategi Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan - Tadarus Al Quran - Pre tes - Guru menyampaikan indikator yang akan dicapai - Siswa membentuk formasi diskusi
2. Kegiatan Inti - Siswa berdiskusi mengidentifikasi contoh-contoh perilaku isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah - Siswa mendiskusikan contoh perilaku isyraf, fabzir, ghibah dan fitnah - Siswa mengemukakan hasil diskusi tentang contoh perilaku isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah - Siswa lain menanggapi
3. Kegiatan Penutup - Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi pembelajaran - Guru mengadakan post tes
H. Sumber Belajar : Al Quran dan Terjemahnya Buku PAI Kelas XII SMA, Yudistira Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Erlangga Buku PAI SMA untuk Kelas XII, Rakaditu
I. Penilaian Tugas Individu ( lembar pengamatan ) Ulangan Harian ( Uraian )

Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
Drs. Sutopo, M.Pd. Akhmad Asikin, S.Ag. NIP. 131694578 NIP. 150329956


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamB. Kelas / Semester : XII / IIC. Tahun Ajaran : 2007-2008D. Alokasi Waktu : 2 jamE. Materi Pokok : Ketentuan hukum waris
F. Indikator : - Mampu menjelaskan ketentuan hukum waris - Mampu menjelaskan tentang ahli waris - Mampu menjelaskan pembagian masing-masing ahli waris
G. Strategi Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan - Tadarus Al Quran - Appersepsi dan motivasi - Guru menyampaikan tujuan pembelajaran - Siswa membentuk forum diskusi
2. Kegiatan Inti - Siswa mengkaji dan mendiskusikan tentang ketentuan hukum waris berdasarkan Perundang-undangan yang berlaku di Indonesia - Siswa mengkaji dan mendiskusikan tentang ahli waris dan ketentuan pembagian masing-masing ahli waris - Siswa mempresentasikan hasil diskusi tentang ketentun hukum waris - Siswa lain dan guru menanggapi
3. Kegiatan Penutup - Siswa menyimpulkan wateri diskusi - Post tes
H. Sumber Belajar : Al Quran dan Terjemahnya Buku PAI Kelas XII SMA, Yudistira Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Erlangga Buku PAI SMA untuk Kelas XII, Rakaditu Fiqh Islam, Sulaiman Rasyid
I. Penilaian Tugas Individu ( lembar pengamatan ) Ulangan Harian ( Uraian )

Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
Drs. Sutopo, M.Pd. Akhmad Asikin, S.Ag. NIP. 131694578 NIP. 150329956


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamB. Kelas / Semester : XII / IIC. Tahun Ajaran : 2007-2008D. Alokasi Waktu : 2 jamE. Materi Pokok : Pelaksanaan hukum waris
F. Indikator : - Mampu menyebutkan contoh pelaksanaan hukum waris - Mampu memperagakan cara menghitung pembagian warisan secara Islam
G. Strategi Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan - Tadarus Al Quran - Pre tes - Guru menyampaikan indikator yang akan dicapai - Guru memberi tugas pada siswa
2. Kegiatan Inti - Siswa mengidentifikasi contoh pelaksanaan hukum waris - Siswa mempraktekkan cara menghitung pembagian harta warisan secara Islam - Guru mengevaluasi hasil kerja siswa
3. Kegiatan Penutup - Siswa menyimpulkan materi pembelajaran - Guru mengadakan post tes
H. Sumber Belajar : Al Quran dan Terjemahnya Buku PAI Kelas XII SMA, Yudistira Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Erlangga Buku PAI SMA untuk Kelas XII, Rakaditu Fiqh Islam, Sulaiman Rasyid
I. Penilaian Tugas Individu ( lembar pengamatan ) Ulangan Harian ( Uraian )

Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
Drs. Sutopo, M.Pd. Akhmad Asikin, S.Ag. NIP. 131694578 NIP. 150329956




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamB. Kelas / Semester : XII / IIC. Tahun Ajaran : 2007-2008D. Alokasi Waktu : 2 jamE. Materi Pokok : Perkembangan Islam di Dunia
F. Indikator : - Mampu menjelaskan perkembangan Islam di dunia - Mampu mengidentifikasi manfaat dari sejarah perkem- bangan Islam di dunia
G. Strategi Pembelajaran 1. Kegiatan pendahuluan - Tadarus Al Quran - Appersepsi dan motivasi - Guru menyampaikan indikator yang akan dicapai - Siswa membentuk kelompok diskusi
2. Kegiatan Inti - Siswa membaca literature tentang perkembangan Islam di dunia - Siswa mendiskusikan perkembangan Islam di dunia - Siswa berdiskusi mengidentifikasi manfaat perkembangan Islam di dunia - Siswa mempresentasikan hasil diskusi tentang perkembangan Islam di dunia - Siswa lainnya menanggapi
3. Kegiatan Penutup - Siswa menyimpulkan materi pembelajaran - Guru mengadakan evaluasi
H. Sumber Belajar : Al Quran dan Terjemahnya Buku PAI Kelas XII SMA, Yudistira Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Erlangga Buku PAI SMA untuk Kelas XII, Rakaditu Buku Sejarah Kebudayaan Islam, Depag R.I.
I. Penilaian Tugas Kelompok Ulangan Harian ( Uraian Bebas )

Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
Drs. Sutopo, M.Pd. Akhmad Asikin, S.Ag. NIP. 131694578 NIP. 150329956



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamB. Kelas / Semester : XII / IIC. Tahun Ajaran : 2007-2008D. Alokasi Waktu : 2 jamE. Materi Pokok : Perkembangan Islam di Dunia
F. Indikator : - Mampu menjelaskan contoh perkembangan Islam di Dunia - Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di Dunia
G. Strategi Pembelajaran 1. Kegiatan pendahuluan - Tadarus Al Quran - Pre tes - Guru menyampaikan indikator yang akan dicapai - Siswa membentuk kelompok diskusi
2. Kegiatan Inti - Siswa berdiskusi tentang contoh-contoh perkembangan Islam di dunia - Siswa mendiskusikan hikmah perkembangan Islam di dunia - Siswa membacakan hasil diskusi di depan forum - Siswa lain dan guru memberi tanggapan
3. Kegiatan Penutup - Siswa menyimpulkan materi pembelajaran dibimbing oleh guru - Guru mengadakan post tes
H. Sumber Belajar : Al Quran dan Terjemahnya Buku PAI Kelas XII SMA, Yudistira Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Erlangga Buku PAI SMA untuk Kelas XII, Rakaditu Buku Sejarah Kebudayaan Islam, Depag R.I.
I. Penilaian Tugas Kelompok Ulangan Harian ( Uraian Bebas )

Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
Drs. Sutopo, M.Pd. Akhmad Asikin, S.Ag. NIP. 131694578 NIP. 150329956

Tidak ada komentar: